Monday, September 19, 2011

Kumpulan Hadits-Hadits Pilihan Bukhari Muslim

Abu Bakrah (Nufa'i) bin al Harits ats Tsaqafy berkata Nabi SAW. bersabda, "Apabila dua orang Muslim berhadapan dengan pedang masing-masing, maka pembunuh dan terbunuh keduanya sama-sama masuk neraka. Abu Bakrah bertanya, "Ya Rasulullah, yang membunuh itu jelas masuk neraka, tetapi mengapakah yang terbunuh juga demikian?" Jawab Nabi, "Karena ia juga memiliki niat sungguh-sungguh akan membunuh lawannya." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah (Abdurrahman bin Shaher) ra. berkata : Bersabda Nabi SAW., "Shalat berjamaah pahalanya melebihi shalat sendirian, baik di tempat pekerjaan atau di rumah, dua puluh lima derajat. yang demikian itu karena jika seseorang telah menyempurnakan wudhu, kemudian pergi ke masjid tanpa tujuan lain selain shalat, maka tidak bertindak selangkah melainkan diangkat sederajat dan dihapuskan daripadanya satu dosa hingga masuk ke masjid. Apabila telah berada didalam masjid, maka ia dianggap mengerjakan shalat selama ia masih menantikan shalat (selama bertahan karena menunggu shalat), dan Malaikat memohonkan rahmat atau mendoakan seseorang selama ia dalam majlis shalatnya. Malaikat berdoa, Ya Allah, kasihanilah dia, Ya Allah, ampunilah dia, Ya Allah, maafkanlah dia. Seperti itu selama ia tidak mengganggu dan belum berhadats di tempat itu." (Bukhari Muslim)


Anas bin Malik ra. berkata : Bersabda Rasulullah SAW., "Sesungguhnya Allah lebih suka menerima taubat seorang hambaNya, melebihi kesenangan seseorang yang menemukan kembali untanya yang telah hilang daripadanya di tengah hutan." (Bukhari Muslim)


Abu Said dan Abu Hurairah ra. berkata : Bersabda Rasulullah SAW., "Tiadalah seorang muslim itu menderita kelelahan atau penyakit atau kesusahan (kerisauan) hati, hingga tertusuk duri, melainkan semua itu akan menjadi penebus kesalahan-kesalahannya." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Bukanlah orang yang kuat itu orang yang dapat membanting lawannya. Kekuatan seseorang itu bukan diukur dari kekuatan, tetapi yang disebut orang kuat adalah orang yang dapat menahan hawa nafsunya pada waktu marah." (Bukhari Muslim)


Sulaiman bin Shurad ra. berkata : ketika saya duduk bersama Rasulullah SAW., tiba-tiba ada dua orang yang saling memaki, sedang salah satu dari mereka telah merah wajahnya dan tegang pula urat lehernya. Maka Rasulullah SAW. bersabda, "Saya mengetahui suatu kalimat yang apabila kalimat itu dibaca, pasti hilang apa yang dirasakannya, yaitu : A'UDZUBILLAAHI MINASYSYAITHOONIR RAJIIM." (Bukhari Muslim)


Abu Sufyan (Shar) bin Harb ketika menceritakan pertemuannya dengan Raja Heraklius, dan ditanya olehnya, "Nabi itu menyuruh apa kepadamu?" Jawab Abu Sufyan, "Sembahlah Allah dan janganlah menyekutukan Dia dengan sesuatupun dan tinggalkan semua ajaran nenek moyangmu, dan menyuruh kita mengerjakan shalat, berkata benar, sopan, dan menghubungkan silaturahim." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Seseorang datang kepada Nabi SAW. lalu bertanya, "Ya Rasulullah, sedekah manakah yang lebih besar pahalanya?" Jawab Nabi, "Bersedekah dalam keadaan sehat, sedang engkau amat sayang kepada harta tersebut, takut miskin, dan mengharapkan kekayaan. Oleh sebab itu jangan menunda-nunda sehingga apabila ruh (nyawa) sudah sampai tenggorokan (hampir mati) lalu engkau berwasiat : untuk fulan sekian, untuk fulan sekian." (Bukhari Muslim)


'Aisyah ra. berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW. bangun shalat malam sehingga pecah-pecah kaki beliau. Maka saya bertanya, "Mengapa engkau berbuat demikian, ya Rasulullah, sedang Allah telah mengampuni dosa-dosamu yang lalu dan yang kemudian?" Jawab Nabi SAW., "Tidak layakkah bila aku menjadi seorang hamba yang selalu bersyukur?". (Bukhari Muslim)


Anas ra. berkata : Rasulullah SAW. bersabda : "Yang mengikuti mayyit ada tiga : Keluarga, kekayaan, dan amalnya. Maka yang dua kembali, yaitu keluarga dan kekayaannya dan yang tetap padanya hanya satu yaitu amal perbuatannya." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : bersabda Rasulullah SAW., "Tiap persendian manusia itu ada kewajiban sedekah untuknya, pada tiap hari dimana matahari terbit. Mendamaikan secara adil antara dua orang (yang bersengketa) adalah sedekah. Membantu orang atas kendaraan, menaikkan atau mengangkatkan barang-barangnya adalah sedekah. Kalimat (berkata) yang sopan adalah sedekah. Tiap langkah perjalanan untuk mengerjakan shalat adalah sedekah. Dan menyingkirkan gangguan dari tengah jalan adalah sedekah." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Bersabda Nabi SAW., "Hai wanita muslimat, janganlah seorang tetangga merasa rendah untuk memberikan hadiah kepada tetangganya (yang lain), meski yang dihadiahkan itu hanya sekedar kikil kambing." (Bukhari Muslim)


Adiy bin Hatim ra. berkata : Saya telah mendengar Rasulullah SAW. bersabda, "Jagalah dirimu dari api neraka, walau dengan bersedekah separuh biji kurma." (Bukhari Muslim)


Abu Musa al-Asy'ary ra. berkata : Bersabda Nabi SAW., "Atas tiap-tiap orang Muslim wajib bersedekah". Ditanya, "Bagaimana jika tidak punya?" "Bekerja dengan tangannya yang berguna untuk dirinya sendiri dan bersedekah", "Bagaimana jika tidak dapat?" "Membantu orang yang berhajat". Ditanya, "Jika tidak dapat?" "Menganjurkan kebaikan." "Jika tidak dapat?" "Mencegah diri sendiri dari kejahatan, maka itu adalah sedekah." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Bersabda Rasulullah SAW., "Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga : Jika berkata ia berdusta, jika berjanji ia ingkar, dan jika dipercaya ia berkhianat." (Bukhari Muslim)


'Aisyah ra. berkata : Rasulullah SAW. bersabda, "Siapa yang mengambil hak orang lain, walaupun sejengkal tanah, akan dikalungkan hingga tujuh petala bumi." (Bukhari Muslim)


Harits bin Wahb ra. berkata : Saya telah mendengar Rasulullah SAW. bersabda, "Sukakah aku beritahukan kepadamu ahli surga? yaitu orang yang merendahkan diri, rendah pula dalam pandangan orang, tetapi kalau ia meminta sesuatu kepada Allah SWT pasti dikabulkan. Sukakah aku beritahukan kepadamu ahli neraka? yaitu tiap orang yang keras hati, kaku, dan sombong." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Bersabda Rasulullah SAW., "Berpesan-pesan baiklah kamu terhadap wanita karena wanita itu dijadikan dari tulang rusuk yang bengkok. Maka jika kamu paksa meluruskannya dengan kekerasan pasti patah, dan jika kamu biarkan tentu tetap bengkok. Karena itu, berpesan-pesan baiklah terhadap wanita." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Bersabda Rasulullah SAW., "Tidak dihalalkan bagi seorang istri berpuasa sunat ketika suaminya di rumah, melainkan dengan izin suaminya. Dan tidak boleh bagi istri mengizinkan orang lain masuk ke rumahnya melainkan dengan izin suaminya." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah SAW. bersabda, "Siapa yang percaya kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia menghormati tamunya. Dan siapa yang percaya kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia menghubungi sanak saudaranya (menjaga silaturahmi). Dan siapa yang percaya kepada Allah dan hari kemudian, hendaklah ia berkata baik atau diam." (Bukhari Muslim)


Abdullah bin Amr bin al-'Ash ra. berkata, bahwasanya Nabi SAW. bersabda, "Termasuk dosa-dosa besar ialah seseorang memaki kedua ayah bundanya. Sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, adakah seseorang yang memaki ayah bundanya?" Jawab Nabi SAW. selalu mengulangi, "Ya, dia memaki ibu orang lain, lalu orang lain inipun membalas memaki ibunya." (Bukhari Muslim)


Anas ra. berkata : Seorang Arab bertanya kepada Nabi SAW., "Bilakah hari kiamat?" Jawab Nabi, "Apakah bekalmu untuk menghadapinya?" Ia menjawabnya cinta kepada Allah SWT dan RasulNya. Maka sabda Nabi SAW., "Engkau akan berkumpul dengan orang yang engkau cintai." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Bersabda Rasulullah SAW., "Akan berpeluh manusia di hari kiamat hingga mengalir peluh mereka sampai tujuh puluh hasta, dan tenggelam mereka dalam peluhnya sendiri hingga ke mulut dan telinga mereka." (Bukhari Muslim)


Anas ra. berkata : Nabi SAW. bersabda, "Ya Allah, sesungguhnya tidak ada kehidupan yang sebenarnya kecuali kehidupan akhirat." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Bersabda Nabi SAW., "Bukanlah kekayaan itu karena banyaknya harta benda tetapi kekayaan yang sebanarnya adalah kekayaan hati." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah SAW. bersabda, "Janganlah ada seorangpun diantara kamu yang menginginkan mati. Kalau ia baik, mungkin akan bertambah kebaikan, dan kalau ia jahat, mungkin ia bertaubat." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah SAW. bersabda, "Ketika seseorang berjalan dengan pakaian indah, bersisir rambut dengan sombong dan congkak jalannya, tiba-tiba Allah membinasakannya, hingga ia timbul dan tenggelam di tanah sampai hari kiamat (yakni Qarun di zaman Nabi Musa)." (Bukhari Muslim)


'Aidz bin amr ra. ketika ia masuk kepada Ubaidilah bin Ziyad berkata, "Hai anakku, aku telah mendengar Rasulullah SAW. bersabda, "Sesungguhnya sejahat-jahat penguasa adalah penguasa yang kejam, maka janganlah engkau termasuk mereka." (Bukhari Muslim)


Abu Hurairah ra. berkata : Rasulullah SAW. bersabda, "Barang siapa melihat aku dalam mimpi, maka seolah-olah ia melihat aku pada waktu jaga, karena setan tidak dapat menyerupai saya." (Bukhari Muslim)


Anas ra. berkata : Rasulullah SAW. bersabda, "Jika kamu telah lama berpisah dengan keluargamu, maka janganlah kamu mengetuk pintunya di waktu malam." (Bukhari Muslim)


2 komentar:

  1. Assalmu'alaikum Warohmatullahi Wabarkatuh . " Siapa yang mampu mengenal dirinya, maka ia akan mengenal tuhanya " (tolong Bapak/Ibu ini hadist siapa). Oke terima kasih sebelumnya Wabillahi taufik walhidayah wassalamu'alaukm warohmatullahi wabarkatuh

    ReplyDelete
  2. Assalmu'alaikum Warohmatullahi Wabarkatuh. Terikasih banyak atas blognya, sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan. singgah juga ke https://www.wisataqolbu.faith/2018/03/pesan-yang-abadi-dari-rasulullah-saw.html

    ReplyDelete

 
Copyright © . BERBAGI ILMU - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger